Senin, Februari 25, 2008

Right Issue dan Cara Menghitungnya

Right Issue atau HMETD yaitu kependekan dari Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu… Bila dialih bahasakan ke bahasa Indonesia memang agak ribet, perlu sedikit mengernyitkan dahi…. he he..

Walaupun agak panjang tapi memang itulah pengertiannya. Bila perusahaan ingin menambah modal, salah satunya adalah dengan cara ini. Perusahaan menerbitkan lagi saham dengan prioritas pembeli adalah pemegang saham lama. Dana hasil Right Issue dapat digunakan untuk berbagai macam aksi korporasi seperti akuisisi, restrukturisasi modal ataupun hanya sebagai modal kerja.

Contoh :
TMPI melakukan Right Issue dengan perbandingan 2:1 pada harga Rp200,- (setiap pemegang 2 saham lama memperoleh hak untuk membeli 1 saham baru diharga Rp200,-). Yang mendapatkan hak adalah mereka yang tercatat pada waktu tertentu dan tanggal transaksi pembelian tertentu (masa Cum Right). Bila harga pada Cum Right adalah Rp300,- maka harga teoritis pada saat Eks Right (perdagangan tanpa Right) adalah sebagai berikut :

(2 x 300) + (1 x 200)
----------------------
( 2+1 )

= 266.67

Dan harga teoritis Right adalah Rp266.67-Rp200 = Rp66.67,-

Bila perusahaan akan melakukan Right Issue biasanya telah ada pembeli siaga termasuk atas Right/hak yang tidak dipergunakan oleh pemegang saham lama.

Salah satu point penting bila pemegang saham lama tidak menggunakan haknya maka pemegang saham yang memperoleh Right dapat menjual Rightnya di pasar dimana waktu perdagangannya telah ditentukan sebelumnya. Konsekuensi lainnya adalah porsi kepemilikannya menjadi terdilusi/berkurang karena penambahan saham perusahaan tidak diikuti oleh penambahan kepemilikan pemegang saham yang bersangkutan.

1 komentar:

46109034 mengatakan...

Apakah yg dLuan Right issue atau Go Public???