Rabu, April 02, 2008

Sukses Adalah Berkah, Derita Adalah…..

Setiap orang pastilah menginginkan kesuksesan. Sukses studinya, sukses dalam pekerjaannya, sukses rumah tangganya, sukses dalam perkumpulannya. Singkat kata kesuksesan dirasakan oleh seseorang bila dia telah merasa bahwa sebagian besar keinginannya tercapai. Jadi lebih pada faktor pemenuhan kebutuhan, baik materi maupun moral.

Sulit untuk mengukur kesuksesan. Biasanya ini adalah pandangan pihak lain. Misalnya Anto memandang teman kecilnya Budi sekarang sudah menjadi pengusaha sukses karena… punya rumah dan mobil mewah, istrinya cantik, anaknya sekolah diluar negeri… Tapi apa yang dirasa oleh Budi, orang lain tidaklah tahu. Kebanyakan orang memandang kesuksesan berdasarkan kenyamanan hidup.

Kesuksesan adalah berkah dari Yang Maha Kuasa. Yang diberikan kepada kita karena cintaNya kepada kita. Mungkin sukses adalah buah dari kerja keras dan do’a. Tapi adakah kita menyadari bahwa sukses adalah suatu cobaan…merupakan sisi lain dari penderitaan, satu paket dengan apa yang namanya kegagalan. Gagal mendapatkan apa yang diinginkan menjadikan seseorang berpikir bahwa Tuhan tidak mengabulkan doa’nya. Kita seringkali tidak menyadari bahwa Tuhan punya rencana lain terhadap kita.

Benar kata pepatah, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda…. Tapi tidak salah pula pula bila kata katanya dibalik,… Sukses adalah kegagalan yang tertunda. Sukses dan gagal/derita adalah satu paket, keduanya merupakan cobaan.

Seseorang akan menjadi lebih dewasa bila dapat menerima salah satu sisi tersebut dengan lapang dada, rendah hati dan tawakal…Jadi senantiasa kita harus siap menghadapi kesuksesan maupun kegagalan. Dari kegagalan atau penderitaan kita menjadi tahu lebih jauh tentang hidup. Bukankah ini berkah…? Karena dengan penderitaan kita bisa merasakan nikmat. Kalau penderitaan adalah berkah, kenapa kita takut menderita….? Kenapa yang kita pikir hanya sukses, sukses, sukses…?

Bila anda dapat melewati penderitaan dengan hati yang lapang berarti anda telah siap untuk menjadi sukses. Dan bila anda telah sukses… berhati hati dan rendah hatilah karena kegagalan menghadang di depan anda.

Tidak ada komentar: