Jumat, April 11, 2008

Berita Emiten 11 Apr 2008

SMCB
Berkomitmen untuk tetap membangun pabrik semen di Tuban Jatim walaupun anggarannya membengkak menjadi US$500 juta dari sebelumnya US$300 juta. Pabrik ini nantinya akan meningkatkan kapasitas produksi menjadi 9.4 juta ton per tahun dari 7.9 juta ton saat ini. Konsumsi semen diperkirakan melambat tahun ini (hanya tumbuh 6%) karena tingginya inflasi namun realisasi proyek infrastruktur pemerintah tahun mendatang akan meningkatkan kembali konsumsi semen.

ANTM
Terimbas oleh rencana produsen baja terbesar di dunia, Accelor Mittal untuk mengakuisisi 40% saham Krakatau Steel. Nantinya, Accelor Mital juga akan mengembangkan sayap bisnis pertambangan yang berhubungan dengan baja dengan pasokan bahan baku dari perseroan.

BUMI
Akan memintakan persetujuan dalam RUPS untuk membagikan dividen sebesar 30% dari laba bersih tahun 2007 atau equivalen US$0.012. Perseroan memperkirakan akan adanya kenaikan harga jual batubara pada tahun ini sebesar 58%. Diiringi kenaikan produksi maka pendapatan perseroan tahun ini diperkirakan mencapai US$4.48M atau naik 98% dibanding tahun lalu. Perseroan kembali minta perpanjangan waktu penawaran saham Herald Resources hingga 7 Mei 2008.

AISA
Segera mengembangkan bisnis ke CPO untuk mendukung bisnis makanan saat ini dengan mengakuisisi kebun sawit di Kalimantan, PT Bumi Raya Investindo seluas 4500 ha senilai Rp139M. Perseroan berencana menambah lahan hingga menjadi 12.000 ha secra bertahap. Selain itu perseroan juga akan membeli pembangkit listriksenilai Rp36M di Solo untuk efisiensi energi dalam produksi. Dana akuisisi diambil dari hasil Right Issue senilai Rp327M pada Mei 2008.

Tidak ada komentar: