Senin, Maret 17, 2008

Pelajaran Berharga (lagi) Buat Investor


Pusing, gemeter lagi. Dalam minggu ini bahkan sudah 2 atau 3 minggu pada bulan Maret 2008 bursa saham terjun bebas. Kalo harga barang2 kebutuhan pokok pada merangkak naik seiring dengan kenaikan harga minyak yang bikin ibu ibu pada cemberut dan gampang ngomel, sebaliknya harga harga saham di bursa terus meluncur seperti di water boom.Para pemain saham atau kerennya investor pada teriak histeris… keringetan mengalahkan kondisi kalo naik jet coaster. Mereka panik, bingung karena harus menanggung kerugian yang nggak kecil.. bayangain aja dalam seminggu terakhir harga saham rata rata sudah turun 10-20%. Jadi kalo minggu lalu kamu punya duit Rp100 juta dalam 1 minggu duitmu yang berupa saham tersebut tinggal 80 juta dan masih terus berpotensi tergerus.

Sekarang tinggal berani apa tidak investor menanggung rugi. Kalo duit yang dipakai untuk beli saham merupakan duit nganggur.. itu nggak jadi masalah… diemin aja… hanya potensial loss,… siapa tau bulan depan atau tahun depan atau 10 tahun lagi naik menjadi beribu persen dari sekarang. Tapi…. Kalo itu duit merupakan duit yang seharusnya dipakai untuk keperluan lain atau pinjaman… mati dech…mau nggak mau harus direalisasi kerugiannya. Pelajaran memang mahal bung…!

Kemarin guwe baca di millis ada seseorang minta dikasihani karena duitnya yang seharusnya untuk biaya pernikahan terlanjur kecemplung di saham yang terus turun. Terus siapa yang mau nolong…? Nggak ada boss…! Pasar saham emang begitu… nggak mau ngerti perasaan orang… akhirnya nggak tau dech,… nasib si investor tersebut… bagaimana dia harus ngomong sama pasangannya…jadi nikah atau nggak. Mungkin diundur… atau tetap berlangsung dengan biaya seadanya. Cape dech….!

Mengenai penurunan harga saham ini, Guwe sendiri juga mati kutu… nggak bisa bergerak… sudah kadung dalem ruginya.. sekitar 40%an…jadi ya guwe keep aja.. sambil berdo’a… Yang guwe syukuri, gue nggak berani make duit pinjeman atau duit keluarga… soalnya udah pernah ngrasain….. sakit Bro…!

Tidak ada komentar: