Jumat, Maret 28, 2008

24 Jam di Surabaya

Dengan ijin boss, akhir Februari lalu aku ikut acara yang diadakan salah satu perusahaan properti,.. gratis.. tapi sayang cuma sehari. Terbang dari Jakarta Jam 5 Sore, 24 jam di Surabaya dan jam 5 sore hari berikutnya sudah berada lagi di Jakarta.

Aku nggak kenal seluk beluk kota terbesar kedua di tanah air ini. Minim sekali kalo tidak boleh dibilang nol. Yang kutau hanya kota pahlawan, ada ITS dan Erlangganya, ada jalan tol porong yang sekarang ditutup karena lumpur lapindo. Orang orangnya bersahabat, kalo bicara lucu karena medoknya. Nama wilayahnya lucu lucu, Ada nDarmo, Bendul Merisi Barat Besar Timur .. hehe.. (ini wilayah kekuasaan Pivien, temen kos n kuliah di Solo dulu), ada desa Duduk Sampeyan, ada yang namanya Embong dan kata kata lain seperti sentolop, jeding…. Yang menurutku agak aneh di kuping.

Di Surabaya, waktu luang setelah acara resmi, sekitar jam 10 malem, walaupun agak capek kupaksakan bisa ketemu Dedy, temen secawat eh… sejawat selama kuliah dulu. Karena aku nggak ngerti blass jalan jalan di Surabaya, daripada lingak linguk kaya nthung dipencet akhirnya Dedy yang nyamper aku ke hotel dimana aku menginap. Terus meluncur pake kuda besi eh… bebek besi ke Harian Surya, tempatnya Dodo,… temen kuliah yang jadi wartawan di harian itu.

Siip lah… ngobrol ngalor ngidul…di kantor Dodo dilanjutkan wedangan di warung yang terletak pas di depan kantor. Warungnya sih biasa aja, nggak seperti warung wedangan ala Solo yang terkenal dengan istilah hik, warung pinggir jalan sederhana yang menyediakan kopi, susu, jahe, teh atau kombinasinya. Terus ada ubo-rampe seperti sego kucing, owol-owol, pisang rebus, gorengan ,… diterangi lampu teplok atau senthir yang cahayanya pas pasan… wah pokok’e asyik dech bagi yang seneng nglayap malem. Jadi kangen nich… pingin ke Solo.

Dini hari sekitar jam 1 kami pamit sama Dodo, kembali meluncur ke hotel. Karena cuma pake kaos, aku terasa dingin juga di terpa angin malam Surabaya. Dalam perjalan balik ke hotel ternyata Dedy berinisiatif untuk menjadi Tour Guide. Kami muterin Surabaya… dari sekitar Sidoarjo ke beberapa tempat terkenal seperti tempat nongkrongnya anak muda dengan sajian rawonnyanya… ke tugu pahlawan…terus embong Malang,… terus nggak tau mana lagi … lupa… suasana sepi sich… lha jam 2 pagi je.

Terus menyusuri gang yang paling terkenal yaitu Gang Dolly…di sini masih tampak sisa sisa keramaian malam… Motor kami bergerak pelan menyusuri gang yang dihiasi etalase yang didalamnya nampak wanita wanita yang sedang bercanda. Agak takut juga sih lewat di tempat beginian…takut kalo kalo ada yang mabuk terus berbuat sesuatu yang nggak kami perkirakan atau ada kejadian kriminal tertentu… tempat macam gini kan rawan kejadian kejadian kaya gitu. Tapi ternyata tempat itu kulewati dengan aman dan kulanjutkan tour dini hariku hingga sampai di hotelku hampir jam 3 pagi. Dedy langsung pulang ke Sidoarjo nggak mau tidur menemani aku di hotel.

Hmmm puas dech….tinggal ngantuknya.
Ternyata…..! Sampe jam 4 aku belum juga bisa tidur… bahasa Jermannya glibegan, mendekati jam 5 pagi belum juga tidur…. Aneh…, padahal sekitar jam 10 malem sepertinya aku sudah ngantuk berat. Akhirnya aku loncat dari tempat tidur…menuju kamar mandi, kungkum air anget…. (sorry bahasa Jerman lagi....artinya berendam)…

Jam 6 pagi setelah kungkum baru terasa mulai ngantuk. Tapi aku nggak mau tidur karena 1 jam lagi ada acara breakfast bersama rombongan dilanjutkan acara company visit hingga sore…. Baru bisa menikmati tidur di pesawat menuju Jakarta yang nyampe jam 5 sore.

Begitulah sobat…. 24 jam di Surabaya, tanpa tidur…. Tapi happy….

Tidak ada komentar: